Panduan Pendaftaran PPDB SMK Kehutanan Negeri Makassar

Sebelum melakukan pendaftaran secara online, baca terlebih dahulu petunjuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang berlaku, proses pendaftaran online ditujukan untuk mendapatkan nomor Registrasi pada PPDB SMK Kehutanan Negeri Makassar, setelah dapat nomor registrasi calon peserta wajib mengirim berkas pendaftaran.

Calon peserta didik dibedakan dalam dua jalur, yaitu jalur umum (Reguler) dan jalur khusus (Kawasan Hutan)

  • Peserta yang tidak termasuk dalam Kawasan Hutan silahkan daftar jalur Reguler
  • Peserta yang termasuk dalam Kawasan Hutan silahkan daftar jalur Kawasan Hutan

yang harus disiapkan sebelum daftar :

  • Raport (nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ipa semester 1-5)
  • Pastikan Anda telah memiliki foto untuk di upload. (Type file harus jpg, jpeg, png, atau bmp, ukuran file harus lebih kecil < 300kb)
  • Nomor telp yang dapat dihubungi.

Pendaftar dari jalur khusus Harus melengkapi:

  1. Copy keputusan pembentukan KTH beserta daftar anggota KTH, untuk peserta yang berasal dari anggota keluarga anggota KTH, atau;
  2. Copy keputusan izin Perhutanan Sosial beserta anggota, untuk peserta yang berasal dari anggota keluarga pemegang  izin Perhutanan Sosial, dan atau;
  3. Surat keterangan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Kepala Balai Besar Taman Nasional, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam, atau Kepala Balai Taman Nasional, yang menyatakan bahwa calon peserta didik berasal dari desa di sekitar kawasan pelestarian alam atau kawasan suaka alam.

Setelah siap, lakukan proses registrasi pendaftaran secara On-Line melalui Website  https://smkkehutananmakassar.sch.id/ppdb dengan cara:

Klik menu daftar

atau


Pilih Jalur Pendaftaran

  1. Jalur Umum(Reguler)
  2. Jalur Khusus (Untuk peserta dari Kawasan Hutan)


Setelah memilih jalur yang akan didaftar berikutnya peserta akan diarahkan untuk mengisi Formulir Pendaftaran, Isi semua data yang ada pada formulir pendaftaran.

Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) "Priksa kembali NISN yang dimasukan pastikan NISN sudah benar. Kesalahan penginputan NISN akan Merugikan pendaftar"


Masukkan FOTO dengan mengklik tombol [Cari FOTO]




  • Type file harus jpg, jpeg, png, atau bmp
  • Ukuran file harus lebih kecil < 300kb
  • Foto yang dimasukkan harus pas foto resmi dengan seragam sekolah bukan foto narsis apalagi foto lebih dari 1 orang.
  • Foto dengan Latar belakang Biru atau Merah dan muka/wajah harus terlihat jelas.

Informasi Nilai

Masukkan nilai dalam bentuk puluhan (0-100) pada kolom yang telah disediakan, apabila nilai berupa pecahan desimal, dipisah menggunakan titik (.) bukan koma(,) contoh 70.5 bukan 70,5.

Informasi untuk K 13

Bagi siswa yang di Sekolahnya menggunakan Kurikulum 2013, konversi terlebi dahulu nilai yang akan di masukkan.

Nilai Rapor yang dimasukkan adalah nilai Pengetahuan bukan Nilai Keterampilan


Setelah mengisi nilai dan prestasi yang pernah diraih (ada bukti berupa foto copy sertifikat yang dikirim saat pengiriman berkas) langkah berikutnya masukkan kode pengaman (huruf besar/kecil sangat berpengaruh), sebelum tekan simpan, periksa kembali semua data yang dimasukkan jika suda sesuai klik simpan. 


setelah tekan tombol simpan semua data tidak lagi dapat dirubah/diedit panitia akan memverifikasi data yang dimasukkan dan disesuaikan dengan data/berkas yang dikirim.

bila berhasil daftar akan muncul notifikasi 

Selamat,

...Nama Peserta... 

anda telah berhasil registrasi tahap awal pada portal seleksi penerimaan peserta didik baru SMK Kehutanan Negeri Makassar TP.2023/2024


Pendaftaran Gagal
Pendaftaran gagal ditandai pesan berwarna merah di bawah bagian yang salah contoh :
Foto tidak sesuai 
Error...
Priksa kembali foto yang dimasukkan...
👀 type file harus berextensi jpg, jpeg, png atau bmp. kesalahan yang sering terjadi gagal diakibatkan extensi foto JPG dengan huruf besar, rubah extensi file foto bisa dilakukan di aplikasi bawaan windows PAIN, buka pain masukkan foto yang akan di ubah extensinya kemudian klik save as simpan dengan nama lain extensi akan berubah menjadi jpg.

Nilai tidak sesuai 


Proses pengisian formulir pendaftaran selesai langkah selanjutnya silahkan cetak bukti registrasi


Cetak Bukti registrasi

- Klik CETAK Bukti Registrasi

- Silahkan Masukkan NISN Untuk Mencetak/mendownload Bukti Registrasi

- Sebelum Prin pastikan settingan tanggal, bulan dan tahun dikomputer sudah benar.


Pendaftar yang berhasil registrasi dapat dilihat dimenu Hasil Registrasi Akun

Print bukti registrasi akun 

bukti registrasi akun digunakan sebagai tanda telah melakukan registrasi tahap awal pada portal seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Kehutanan Negeri Makassar. Tahap selanjutnya silahkan kirim berkas sesuai persyaratan yang dibutuhkan, dengan melampirkan bukti registrasi akun, 

berkas yang masuk tanpa melakukan registrasi pada porta penerimaan peserta didik baru SMK Kehutanan Negeri Makassar tidak akan diproses.

Sebelum Prin pastikan settingan tanggal, bulan dan tahun dikomputer sudah benar.

Potong bagian ini dan tempelkan pada amplop yang digunakan untuk mengirim berkas pendaftaran

Memasukkan Check List Pendaftaran ini beserta seluruh berkas pendaftaran sesuai urutan dibawah kedalam amplop berkas pendaftaran, 

beri tanda centang/check list  pada kolom Pendaftar apabila berkas dianggap sudah sesuai dengan persyaratan

Berkas pendaftar yang tidak melakukan registrasi On-Line dan berkas yang tidak lengkap serta tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan diproses.

Setelah berhasil registrasi On-Line tahap awal, Tahap selanjutnya silahkan kirim berkas sesuai persyaratan yang dibutuhkan, dengan melampirkan Bukti Registrasi Akun, berkas pendaftaran dapat diantar langsung atau dikirim melalui POS atau titipan kilat, dan ditujukan kepada Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Makassar



Berkas pendaftaran yang masuk akan diverifikasi oleh Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Makassar

Hasil verifikasi yang dinyatakan lulus administrasi dapat dilihat dimenu Hasil Seleksi Administrasi, bagi peserta yang lulus administrasi dapat mendownload kartu ujian/kartu tes


Download Kartu Ujian

- Klik Menu Download Kartu Ujian

- Silahkan Masukkan NISN Untuk Mencetak/mendownload Kartu Ujian

- Sebelum Prin pastikan settingan tanggal, bulan dan tahun dikomputer sudah benar.

- Kartu ujian peserta dari Kawasan Hutan juga didownload dimenu Download Kartu Ujian



Kartu Peserta Ujian PPDB ini harus dibawa saat ujian dan pendaftaran ulang bersama orang tua/wali.


Peserta yang telah registrasi On-Line dan tidak mengirim berkas sampai batas waktu yang di tentukan, dinyatakan gugur/mengundurkan diri.

video Panduan pengoprasian aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru, mulai dari pengisian formulir pendaftaran sampai cetak kartu tes dapat dilihat pada link dibawah.

"Ada menu baru dalam PPDB 2024 yang memungkinkan peserta untuk melihat kekurangan berkas. Peserta yang telah mendaftar dan mengirimkan berkas harus secara rutin memantau status berkas mereka di menu 'Berkas Tidak Lengkap'."






Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama