Penyortiran Ikan Koi

Sortir ikan koi harus dilakukan karena ikan koi bukanlah ikan konsumsi yang bisa kita pelihara semua, ikan koi merupakan ikan hias yang memiliki nilai ekonimis tinggi tergantung dari ukuran, bentuk tubuh ikan dan pola warna yang dimiliki masing-masing ikan, setiap ikan dapat dinilai berbeda walaupun ukuran dan bentuk tubuhnya sama tetapi pola warna berbeda begitu juga sebaliknya, bahkan ikan koi juga bisa tidak bernilai apa apa. dengan penyortiran kita dapat mengklasifikasikan mana ikan koi yang bagus dan bernilai jual tinggi dengan yang kurang bagus, dengan penyortiran kita dapat mengetahui potensi masing masing ikan dimasa yang akan datang. Bagai mana menyortir anakan ikan koi sehingga kita dapat koi yang berkualitas berikut kita ulas satu persatu

Penyortiran berdasarkan ukuran

Penyortiran pertama pada anakan ikan koi yang baru menetas dilakukan saat usia ikan 10 hari sampai 1 bulan, pada proses penyortiran pertama, penyortiran  dapat berdasarkan ukuran ikan, karena tidak semua ikan pertumbuhannya sama walaupun pakan dan perlakuannya sama. Pertumbuhan burayak ikan koi berbeda-beda, ada yang pertumbuhannya cepat dan ada yang lambat, pertumbuhan dapat dilihat dari bentuk/ukuran ikan, penyortiran berdasarkan ukuran adalah mengelompokkan ikan yang ukurannya kecil dengan yang kecil, yang sedang dengan yang sedang dan yang besar dengan yang besar. Ini dilakukan selain untuk menyelamatkan ikan yang kecil menjaadi mangsa ikan yang lebih besar juga untuk memudahkan kita dalam pemberian pakan agar pertumbuhan ikan seragam.

Pakan terbaik untuk burayak ikan koi adalah infusoria, kutu air dan cacing sutra. Selain itu alternatif pakan berupa pelet/tepung ikan. 

Ikan yang kecil diberi pakan ukuran 100-200 mikon, ikan yang ukurannya sedang diberi pakan yang ukurannya 200-300 mikron dan yang lumayan besar beri pakan 300-500 mikron.

Burayak ikan koi pada usia dini bersifat kanibal, ikan yang ukurannya lebih besar akan memakan  ikan yang lebih kecil sehingga pertumbuhannya sangat cepat bisa 10 kali lipat dari yang lain. Perbedaan ukuran pada burayak ikan koi ini sering terjadi karena laju pertumbuhan yang tidak seragam antar sesama benih. Akibatnya, benih yang memiliki ukuran lebih besar akan mendominasi sehingga terjadi intimidasi terhadap benih yang masih berukuran kecil.

Penyortiran spesial untuk benih ikan koi jenis showa, selain penyortiran berdasarkan ukuran, penyortiran benih ikan koi jenis showa berdasarkan warna, benih ikan koi jenis showa biasanya terdapat dua warna, warna kuning dan warna hitam, yang diambil untuk dirawat adalah benih yang berwarna hitam saja tujuannya untuk mendapatkan benih showa yang berkualitas sesuai kategori ikan showa. Kategori ikan koi jenis showa, Showa memiliki warna dasar hitam dengan marking putih dan merah. Warna hitamnya harus gelap dan mengkilap serta tidak ada bintik-bintik coklat yang muncul. Showa memiliki warna dasar hitam dari ujung mulut sampai pangkal ekor dan diikuti warna putih dan merah sebagai markingnya.

Penyortiran Berdasarkan Bentuk Tubuh Ikan
Penyortiran beriikutnya dalahh penyortiran berdasarkan bentuk tubuh ikan dengan cara menggolongkan ikan koi dengan bentuk bagus dan yang kurang bagus. Bentuk proporsional yang dicari adalah bentuknya menyerupai peluru, tidak terlalu kurus panjang, bersirip simetris, dengan gerakan tenang saat berenang. Ikan koi yang cacat sebaiknya dipisah atau diberi makan ke ikan predator. Ikan yang cacat, tubuh bengkok, penutup ingsan tidak ada dll tidak bisa dipulihkan/disembuhkan, bentuk tubuh ikan akan seperti itu sampai dewasa, penyebap ikan kan koi cacat bisa diakibatkan bawaan lahir, indukannya tidak berkualitas, indukan masih sangat muda, tempat pembesaran terlalu sempit, menjadi mangsa ikan yang lebih besar tapi masih bertahan hidup, arus/aerator terlalu kencang saat masih benih, penyortiran yang kurang hati-hati dll.

Penyortiran Berdasarkan Warna
Penyortiran berdasarkan warna adalah penyortiran yang menurut saya yang paling sulit karena penyortiran berdasarkan warna harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang banyak tentang jenis ikan koi, sedikit saja warna berbeda jenisnya juga akan berbeda sebagai contoh jenis koi sanke dan koi showa, sekilas untuk orang awam jenis sanke dan showa sama saja yang membedakan hanya pada warna dasar hitam, warna dasar hitam pada jenis showa mulai dari atau mendekati mulut hingga pangkal ekor dan warna hitam pada ikan koi jenis sanke mulai dari belakang kepala sampai pangkal ekor untuk warna merah dan putih mengikuti warna atau pola dasar kohaku. 

Pada penyortiran berdasarkan warna inilah kita dapat menentukan grade ikan dan harga jualnya ada yang masuk grade A,grade B, grade HQ bahhkan grade SQ

Baca juga :

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama