Merawat Burayak Ikan Koi Dilahan yang Sempit

Setelah mengetahui bagai mana cara merawat dan menetaskan telur ikan Koi sekarang akan kita bahas bagai mana cara merawat burayak ikan koi dilahan yang sempit.

ketersediaan lahan selalu menjadi masalah oleh sebagian penghoby ikan koi untuk memulai berbudidaya ikan koi, pengalaman pribadi kami pernah merawat benih ikan koi di kolam terpal sampai ikan besar, saat itu kami punya 3 kolam. 2 ukuran 2mx1,5m dan 1 kolam ukuran 3mx1m, karena jumlahnya yang banyak sehingga kami bagi ke 3 kolam dan sebahagian juga ke orang2 terdekat.

Satu lagi masalah yang kami dapati saat merawat benih ikan koi yang baru menetas adalah ketersediaan pakan alami, di tempat kami sulit menemukan pakan alami berupa kutu air dan cacing sutra, sehingga kami mencari alternatif lain seperti memberi kuning telur buat benih yang baru berusia 5 hari selama 3 hari berturut-turut kemudian lanjut pemberian pakan fengli 0 (banyak dijumpai ditoko-toko ikan, bias juga menggunakan NRD, Polar Red, MeM dll kalo kantung cukup)

Pakan diberikan 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari. Jumlah pakan yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan konsumsi ikan. Pemberian pakan yang kurang menyebabkan pertumbuhan terhambat. Sementara jika pemberiannya berlebih, sisa pakan akan mengotori air dan menimbulkan amoniak yang dapat membunuh burayak ikan koi. Untuk menjaga agar air tidak kotor yang disebabkan sisa pakan, bisa menambahkan filter yang suda dimodifikasi agar burayak ikan koi tidak masuk dalam filter, menambah aerator yang disetting lambat karena burayak ikan koi sangat kecil jika aerator di set kecepatan full dapat merusak badan ikan mending batu aerator yang di perbanyak, dan atau mengalirkan air baru ke dalam kolam selama  24 jam. Dengan demikian air selalu bersih, dan ikan koi pun selalu sehat.

Setelah menetas burayak masih rentan terhadap perubahan lingkungan, misalnya masuknya cahaya matahari langsung dan hujan yang lebat. Keduanya akan berpengaruh terhadap suhu air. Dampaknya, burayak tersebut akan stres dan pada taraf yang kritis bisa menyebabkan kematian. Antisipasi untuk mengatasi hal tersebut dengan memasang atap pada kolam.

Perkembangan burayak dapat dilihat dari ukuran dan perubahan warna tubuh. burayak berumur 1-4 hari biasanya berwarna putih masi trasparan, sedangkan burayak berumur 5-15 berwarna kuning atau hitam. Untuk jenis kohaku burayak kebanyakan berwarna kuning dan untuk showa biasanya berwarna hitam. Umumnya burayak bergerombol dan tersebar di seluruh kolam. Tempat yang teduh dan terlindung sangat disukai, seperti di tepi atau dinding kolam dan di balik tanaman air.

Rata-rata burayak koi bertambah panjang 1 mm/hari. Dikondisi tertentu selalu ada burayak yang tumbuhnya sangat cepat segera pisahkan burayak yang besar karna dapat memangsa burayak yang lebih kecil sering seringlah melakukan penyortiran 


pemberian pakan selanjutnya dapat melihat bukaan mulut ikan bila ikannya suda semakin besar bisa mengganti ke pakan yang lebih besar, gunakan pakan berprotein tinggi agar anak ikan koi bisa tumbuh maksimal

Baca juga : 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama